PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN DIMODERASI LAMA MENJADI NASABAH (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo-Kartasura)

Gracia Pratiwi Dyah Kusumaningrum

Sari


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (2) Untuk mengetahui pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (3) Untuk mengetahui pengaruh moderasi lama menjadi nasabah terhadap hubungan citra perusahaan, dan nilai dengan loyalitas nasabah Bank. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo Kartasura. Adapun population size penelitian ini, adalah sebanyak 17.218 yang terdiri dari nasabah simpanan dan nasabah pinjaman. Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi sumber data sebenarnya yang karakteristiknya hendak diselidiki. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode purposive sampling, yaitu sebanyak 150 nasabah yang datang ke untuk bertransaksi pada tanggal 30 November 2010 sampai dengan 11 Desember 2010 dan telah menjadi nasabah minimal 1 tahun. Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (2) Nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (3) Lama menjadi nasabah tidak memoderasi pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura. (4) Lama menjadi nasabah tidak memoderasi pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang Solo-Kartasura.

Teks Lengkap:

1-26 (English)

Referensi


Andreassen, Wallin and Even Lanseng. 1997. “The Principal’s and AgentContribution to Customer Loyalty Within an Integrated Service Distribution Channel : An External Perspective”, European Journal of Marketing, Vol.31, No.7

Atmaja, Lukas Setia. 1997. Memahami Statistika Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabetha, Bandung

Kasmir. 2001. Manajemen Jasa dan Perbankan, Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 8, Jilid I, Erlangga, Jakarta

Lewis, Barbara R., and Magdalini Sourelli. 2006. “The Antecendents of Consumer Loyalty in Retail Banking.” Journal of Consumer Behaviour

Nha Nguyen and Gaston LeBlanc. 1998. “The Mediating Role of Corporate Image on Customer’s Retention Decisions: an Investigation in Financial Services”, International Journal of Bank Marketing

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan, Benefit, Volume 9 no 22.

MA, Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Mitra Pelajar, Surabaya

Membentuk Loyalitas Konsumen, http://www.swa.co.id/sekunder/konsultasi/pemasaran/strategi/details.php?cid=4&id=63, 15 Januari 2007

PB, Triton. 2006. SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik, Penerbit Andi, Yogyakarta

Peter, J. Paul, Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behaviour ed. 4: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jilid I, Erlangga, Jakarta

Purnama, Nursya’bani. 2002. Strategi Membangun Loyalitas Konsumen Jasa. Aplikasi Bisnis, Volume 3 no 4.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business, Buku 2, Salemba Empat

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian, Alfabetha, Bandung.

Tentang BRI, http://www.bri.co.id/tentang/profil, 15 Januari 2007

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar