ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DENGAN BALANCED SCORECARD PADA PT METRODATA ELECTRONICS, TBK

Wagiyem ', Triyanto '

Sari


Adanya pergeseran tingkat persaingan bisnis dari industrial competition ke information competition, sehingga mengubah alat ukur atau acuan yang dipakai oleh perusahaan untuk mengukur kinerjanya. Suatu sistem pengukuran baru yang berbasis pada pengukuran kinerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mengelola organisasi agar perusahaan dapat dengan mudah mengetahui kondisi perusahaannya setiap saat. Dengan demikian dapat terumuskan sebuah sistem yang dapat menunjukkan posisi perusahaan dari waktu ke waktu dan progress yang dicapainya serta pencapaian sasaran. Dari hasil penelitian pada PT Metrodata Tbk diketahui bahwa strategi yang digunakan pada tingkat korporat adalah related diversified. Hal ini ditunjukaan dengan pengembangan anak perusahaan masih dalam bidang yang terkait dengan bidang penyediaan produk dan jasa teknologi informatika serta produk dan jasa teknologi tinggi lainnya. Strategi pada level unit bisnis sebagian besar adalah hold (pertahankan). Sedang untuk Soltus di Indonesia, Thailand dan Australia, tiga perusahaan konsultan SAP adalah build (bangun). Ketiganya menunjukkan kinerja yang kurang bagus, karena investasi dilakukan di saat yang kurang menguntungkan, yaitu menjelang terjadinya krisis finanasial di semester dua tahun 2008. Dalam analisa keuangan secara keseluruhan memperlihatkan adanya pertumbuhan yang signifikan, karena melampaui dari yang ditargetkan. Laba bersih perusahaan sepanjang tahun 2009 tercatat Rp 10.064 miliar dengan cash flow operasional mencapai Rp 279.8 miliar. Sementara itu, total kewajiban Perusahaan turun 24,77% dibanding total kewajiban tahun 2008. Dari perspektif pelanggan dengan metode Selling Process Assurance (SPA) yaitu evaluasi harga, penjadwalan proyek, ketersediaan sumber daya teknikalitas proyek, ketepatan waktu dari pembayaran pelanggan. Untuk bisnis internal adalah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam bidang TI informasi yang dapat menghasilkan pendapatan yang di inginkan dan meningkatkan keunggulan kompetitif di pasar terbuka. Sedang untuk pertumbuhan dan pembelajaran dengan program dan pengembangan evaluasi karyawan, yaitu karyawan yang belum menunjukkan perkembangan yang signifikan sebagaimana diharapkan akan kembali menjalani program pengembangan di tahun 2010 dan hasilnya akan dievaluasi untuk memastikan mereka memiliki keahlian dan kapabilitas yang diharuskan.

Teks Lengkap:

122-138 (English)

Referensi


Anthony. R , Govindarajan V (2009). Management Control System. Edisi 11. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Anthony. R , Govindarajan V (2009). Management Control System. Edisi 11. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi (2009). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.

Kaplan, Robert S, Norton, David P, The Balanced Scorecard Measures that Drive Performance, Harvard Bussiness Review, January-February 1992.

Kaplan, Robert S, Norton, David P, (1996). The Balanced Scorecard: Translating strategy into action, Boston: Harvard Business School Press Beatty.

Zailani, Abdullah (2009). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecard. Performance: Vol. 9 No.2 Maret 2009 (p.67-87)

www.metrodata.co.id

www.isx.co.id

www.google.co.id/teknik-pengendalian-sistem


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar