Komentar Pembaca

Berwisata Ke Lembah Anai Sumatra Barat Minangkabau

oleh hore wisata Padang (2019-02-02)


Lembah Anai adalah salah satu tujuan wisata top di Sumatera Barat. Lembah ini terletak di dekat jalan antara Padang dan Bukittingi, sekitar 38 km dari Batusangkar. Ini adalah area konservasi alam sekitar 221 ha, dimulai pada masa kolonial Belanda. Sebelum sampai di Lembah, Anda akan melewati jalan berliku dengan pemandangan indah; banyak pohon yang tumbuh terlalu banyak, perbukitan hijau dan lembah, sering kali Anda akan melihat monyet di dekat jalan. Meskipun lembah ini mudah dicapai, lembah yang indah ini juga merupakan rute utama untuk lalu lintas antara Padang dan Bukittingi.

Cagar Alam Lembah Anai memiliki hutan tropis yang lebat dengan beragam spesies flora dan fauna. Bukan hanya flora dan fauna langka yang membuat Lembah Anai begitu menarik, juga tiga air terjun dan danau, dengan air biru jernih. Salah satu air terjun (Air Terjun Lembah Anai) terletak tepat di sisi jalan, jadi jangan lewatkan yang satu ini. Dua lainnya jauh dan masih dikelilingi oleh hutan lebat tetapi hanya sekitar 15 menit berkendara dari air terjun Lembah Anai. Danau ini juga hanya berjarak 15 menit dari jalan utama.

Sungai yang membuat Air Terjun Lembah Anai mata air di Gunung Singgalang dan sangat jernih, mengalir menuruni bukit dan ke Cagar Alam Lembah Anai mencapai tepi tebing setinggi 50 meter. Kabut yang diciptakan oleh air terjun ini menciptakan warna-warna indah ketika matahari bersinar di atasnya. Jika Anda benar-benar, Anda dapat bertemu dengan harimau Sumatra yang langka. Hewan lain yang hidup di sini adalah owa, rusa, kera, trenggiling, kadal, berbagai jenis burung dan kupu-kupu.

Terletak 60 km dari kota Padang, untuk mencapai lokasi ini perjalanan dapat ditempuh dengan transportasi umum (bus), persewaan mobil, atau mobil pribadi. Jika menggunakan transportasi umum, perjalanan dimulai dari bandara Ketaping Padang ke kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan biaya sekitar Rp. 20.000-25.000 per orang (November 2008). Selain transportasi umum, kereta api juga bisa menjadi alternatif perjalanan wisata. Namun, kereta hanya beroperasi setiap hari Minggu dengan tiket pulang pergi ke kelas eksekutif Rp 25.000 dan Rp 15.000 untuk kelas ekonomi.